Ads 468x60px

Selasa, 20 Maret 2012

6 Cara Aman Mempercepat Windows 7 Anda


Tidak peduli versi Windows 7 apa yang Anda gunakan, seiring berjalannya waktu Windows 7 Anda akan melambat. Anda pun akan mencari cara mempercepat Windows 7 yang sudah mulai ngos-ngosan tersebut. Terkadang cara-cara yang beresiko mengacaukan Windows 7 pun Anda lakukan. Hal ini tentunya sangat membahayakan komputer Anda.
Oleh karena itu, di sini kita akan belajar cara mempercepat Windows 7 yang aman. Konfigurasi yang ada pada tutorial ini sama sekali tidak “menyentuh” bagian-bagian sakral Windows (misal: registry).
1. Uninstall Program yang Tidak Diperlukan
Ketika membeli laptop atau komputer, atau sehabis install ulang, biasanya akan disertai dengan program bawaan yang sayangnya…. Trial. Atau ketika Anda berinternet ria, Anda menerima tawaran menginstall program. Namun di kemudian hari program ini tidak Anda perlukan. Semua program-program ini akan mengurangi sumber daya komputer Anda.
Lebih baik Anda menguninstall program-program yang tidak pakai atau tidak penting tersebut. Biarkan hard disk Anda sedikit lega. Perlu Anda ketahui, hard disk yang terlalu penuh dapat memperlambat komputer.
2. Kendalikan start up program
Start up program yang terlalu banyak akan memperlambat komputer. Komputer akan meload program pada saat start up sampai dengan siap digunakan.
Gambarannya adalah, seorang penjual yang memiliki barang dagangan banyak. Jika barang dagangannya terlalu banyak, ia akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengatur semuanya sebelum ia siap berdagang. (Hehe… malah sampai ke pedagang… )
Jadi sebaiknya Anda mematikan start up program yang tidak begitu penting.
3. Pengaturan visual effects
Yang berpenampilan bagus, belum tentu punya performa bagus. Efek visual yang terlalu bagus akan menguras sumber daya komputer Anda. Matikan saja efek visual yang tidak Anda inginkan. Atau jika Anda tidak mempermasalahkan tampilan jelek Windows, matikan saja semua efek visual.
Caranya, klik tombol Start. Ketikkan visual effects pada bagian Search programs and files. Pilih Adjust the appearance and performance of Windows. Akan muncul jendela dialog. Hilangkan centang pada efek visual yang tidak Anda inginkan.


4. Aturlah fungsi indexing option
Windows akan mendaftar semua lokasi di komputer Anda. Fungsinya adalah jika Anda ingin mencari suatu file atau program, Windows dapat menemukannya secara cepat. Namun fungsi ini juga akan memperlambat komputer. Tiap ada lokasi baru, file baru, Windows akan mendatanya.
Oleh karena itu, sebaiknya fungsi ini hanya diterapkan pada lokasi yang sering dilakukan pencarian. Misalnya saja, untuk drive C, sebaiknya fungsi ini dimatikan. Drive C biasanya hanya berisi program-program. Sedangkan untuk drive D misalnya, yang berisi data-data pribadi, fungsi indexing ini dapat Anda nyalakan.
Cara mengatur fungsi ini, klik tombol Start. Ketikkan indexing options. Pilih indexing options. Akan muncul jendela dialog. Klik tombol Modify. Pada jendela berikutnya, hilangkan centang pada lokasi-lokasi yang tidak ingin diindex. Klik OK. Close.

5. Power setting
Secara default Windows mengatur konsumsi daya ke mode Balanced. Namun jika Anda tidak keberatan dengan konsumsi power yang lebih besar, Anda dapat mengaturnya ke mode High Performance. Pada mode ini performa komputer Anda akan naik, namun konsumsi daya akan naik juga.
Cara pengaturannya, klik tombol Start. Ketik power options. Klik power options. Akan muncul beberapa power plan. Pilihlah high performance.


6. Mematikan suara
Dengan mematikan suara, Anda dapat memberikan lagi sedikit kelonggaran pada komputer. Tenang saja, meskipun suara dimatikan Anda tetap bisa mendengarkan musik ataupun suara aplikasi lain seperti game misalnya. Suara yang dimatikan hanyalah suara sistem. Misal: suara saat menancapkan flash disk, peringatan error, login windows, dll.
Cara pengaturan suara, masuk ke Control Panel -> Hardware and Sound -> Change system sounds. Hilangkan centang pada Play windows start up sound. Selain itu, Anda juga dapat memilih No Sound pada Sound scheme.
Demikianlah tips-tips aman untuk mempercepat Windows 7 Anda. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari penyebab utama komputer melambat dan cara mengatasinya.
Mungkin Anda punya tips-tips lain yang aman untuk mempercepat Windows 7 Anda? Bagikanlah. Bantulah teman-teman lain di blog ini untuk mempercepat Windows 7 nya.


Sumber:  
Make Use Of –  Speeding Up Windows 7: Everything You Need to Know (dengan pengeditan seperlunya)


JIKA SOBAT KESULITAN UNTUK MENDAPATKAN FILENYA ( TULISAN INI ) , SOBAT BISA DAPATKAN DI SINI...........

0 komentar:

Poskan Komentar